Menjaga perilaku

Malam ini seperti malam2 biasanya. Anak2ku sudah tertidur lelap, begitu juga suamiku. Namun aku tetap sibuk dengan hp sederhanaku.

Pikiranku terus kemana-mana. Mencari hulu yang tak tahu kemana jluntrungannya. Hanya sekedar ingin menulis dan menulis. Banyak sekali yang ingin dicurahkan. Tapi aku mati kata.

Pikiranku terhenti pada saudara kami yang kalau dilihat memang sangat menarik wajahnya. Bak artis terkenal yang pasti menjadi idola banyak wanita. Kecerdasannya pun diakui bukan hanya satu dua orang. Tapi banyak orang yang mengaguminya. Tapi aku tidak.

Aku seperti sudah dipatenkan untuk tidak menyukai orang bukan hanya dari fisiknya. Entah itu perasaanku saja atau Allah memang membuatnya begitu agar aku selalu terjaga. Wallahu a’lam.

Begitu juga dengan saudaraku yang satu ini. Begitu menariknya ia tak juga membuatku salut padanya. Perangainya yang kasar, tak jujur, penuh muslihat nampak jelas dalam perilaku dan raut wajahnya. Dan itu membuatku tak nyaman untuk sekedar bersapa dengannya. Terkadang ia terlihat baik, tapi beberapa waktu kemudian berubah menyebalkan. 

Aku sebut dia pinter tapi keblinger. Pinter otaknya, luas ilmunya tapi tidak dibarengi dengan kecerdasan akhlaqnya. Perilakunya dibiarkan “ndladrah” seenaknya. Dan orang di sekelilingnya – termasuk aku – tidak bisa menasehatinya. Antara takut salah dan bingung bagaimana menghadapinya.

Teringat pesan guru ngajiku, “amar ma’ruf nahi munkar”. Ajaklah orang untuk berbuat baik dan cegahlah orang untuk berbuat keburukan. Menasehati orang yang berbuat salah hukumnya wajib, jika kita membiarkan kemungkaran terjadi maka kita ikut berdosa. Membiarkan saja berdosa apalagi berbuat dosa serta mengajak berbuat dosa. Pasti dosanya berlipat-lipat. Nah yang jadi pertanyaan, “Apakah kita ikut berdosa jika orang yang kita nasehati malah mengulangi kesalahannya lagi?

 

Leave a Reply

