Menjaga Perasaan Istri

By Aryati Dewi Anggraeni

Tahukah Anda ada manusia yang diciptakan Allah sangat kuat, berani tetapi memiliki perasaan yang sangat halus?? Ya itulah yang disebut ‘wanita’. Wanita tak hanya kuat menghadapi segala tantangan hidup tapi juga berani mengambil pilihan dalam hidupnya. Salah satunya adalah memilih seorang lelaki untuk dijadikan sebagai suaminya, imamnya dan sandaran hidupnya. Dia mengambil segala resiko sebagai seorang istri yang harus taat pada suami, menghormati keluarga suami dan mengandung serta merawat anak2 suaminya. Tetapi di balik semua kekuatan itu terselip rasa welas asih dan kelembutan.

Bagaimana seharusnya memperlakukan seorang istri??
Yang perlu dipertegas, istri bukan pembantu, bukan pemuas hawa nafsu, juga bukan binatang ternak. Istri adalah manusia yg diciptakan sebagai pendamping, penguat dan pendukung suami. Begitu pula sebaliknya, suami adalah pemimpin, pelindung dan pembimbing istri. Istri berkewajiban melayani suami, taat dan menjaga kehormatan suami. Juga berhak atas perlakuan baik suami, nafkah dan pendidikan dari suami.

Setiap suami punya cara tersendiri dalam memperlakukan istrinya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Tunjukkan pada istri mana kewajibannya, mana haknya.
  • Jangan pernah membentak istri, Jangan pula menyuruh istri melakukan sesuatu ketika dia sedang kerepotan melaksanakan tugasnya.
  • Berlemah lembut dengan istri akan membuat hati istri menjadi nyaman dan bersemangat melayani suami dan anak2.
  • Ajaklah ia beribadah dan didiklah ia sesuai dengan ajaran agama.
  • Sering2lah ajak ia bercerita, bercanda dan tanyakan keadaannya. Apa dia lelah, marah, sedih atau gembira.
  • Jujurlah dalam hal apapun dan ceritakan apapun yg Anda lakukan seharian ketika menjelang tidur karena itu sangat berharga baginya.
  • Sebuah kejutan kecil saja bisa membuat ia senang. Namun jika ia berbuat salah, jangan sekali-kali Anda langsung memarahinya, tapi ajaklah dia bicara dan tunjukkan mana kesalahannya sambil membelai lembut kepalanya.

 

InsyaAllah jika suami dan istri memahami mana kewajiban dan haknya masing2 dan menjaga komunikasi dengan baik, akan tercipta kehidupan Rumah Tangga yang harmonis dan Diridloi oleh Allah SWT.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”(QS. Adz-Dzariyaat [51]: 56)
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka berkatalah dengan baik atau diam. Berikanlah wasiat kebaikan kepada perempuan, karena perempuan itu, diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika kamu berusaha meluruskannya maka tulang rusuk tersebut akan patah, tetapi jika kamu membiarkannya maka ia akan tetap bengkok. Oleh karena itu, sikaplah (bimbinglah) para perempuan dnegan kebaikan.” (HR. Muslim).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s