Menjadi Anggota Komunitas

Menjadi anggota suatu komunitas memang menyenangkan. Disapa teman baru, mendapat ilmu baru dan pengalaman baru. Namun dibalik itu semua banyak hal yang harus diperhatikan selama menjadi anggota suatu komunitas.

  1. Sebelum masuk dalam suatu komunitas pelajari dulu Visi dan Misi Komunitas tersebut. Jangan sampai ketidaktahuan malah menjerumuskan Kita mengikuti hal yang tidak sejalan dengan pemikiran Kita. Alih-alih mendapat manfaat malah hanya akan mengurangi semangat berkomunitas.

2. Banyak teman memang menyenangkan, akan tetapi kehati-hatian dalam bergaul juga harus dijaga. Karena tidak semua teman bisa membawa Kita ke arah yang positif. Selain itu jagalah lisan dan perilaku Kita. Karena jika tidak dijaga bisa mengakibatkan kemadharatan dalam hubungan pertemanan.

3. Berusaha menjadi manfaat untuk Komunitas. Karena ilmu yang tidak diamalkan seperti pohon yang tidak berbuah. Begitulah kata pepatah. Jika kita tidak suka menyumbangkan ilmu kita atau bisa dikatakan pelit, maka ilmu kita nantinya tidak bermanfaat. Padahal Allah sudah menerangkan bahwa salah satu amal jariyah adalah ilmu yang bermanfaat.

4. Jangan mengikuti suatu komunitas karena trend saja. Karena jaman sekarang banyak sekali bermunculan komunitas-komunitas baru yang sepintas menarik dan sedang banyak peminatnya. Jika kita hanya mengikuti trend saja tanpa memperhatikan tujuannya, ini juga bisa mengurangi kemanfaatannya. Oleh karena itu pilihlah mana yang sesuai dengan minat dan bakat kita.

5. Hal yang terpenting adalah izin. Izin ini bisa dari orang tua, suami jika sudah menikah ataupun guru kita. Karena kita belum tentu faham apa yang kita pilih apakah benar-benar baik untuk kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s