Peralatan Wajib Ketika Merajut

Peralatan wajib bagi seorang rajuter menurut versi saya adalah :

  1. Jarum Rajut atau Hakpen

Ada macam-macam jarum rajut atau hakpen. yang jelas jarum rajut untuk knitting (breien)membutuhkan 2 jarum atau lebih sedangkan untuk crocheting (renda) hanya satu jarum. biasanya untuk crocheting jarumnya ada semacam pengait benang sedangkan untuk knitting tidak. Yang membedakan jarum satu dengan lainnya adalah ukuran jarum. beda ukuran diameter benang, atau jenis benda yang dirajut mempengaruhi jarum yang digunakan. Berikut Tabel Konversi Ukuran Jarum Rajut

kina

2. Gunting

Sebenarnya gunting apa saja bisa digunakan. Yang penting tajam dan bisa untuk menggunting benang. Namun, sekarang banyak gunting dengan berbagai bentuk. Tujuannya untuk memudahkan dalam penggunaanya. Pilih saja gunting yang paling anda sukai dan menunjang aktivitas merajut anda

3. Stitch Marker

Fungsi dari stitch marker adalah untuk menandai rajutan. Terkadang kita lupa bagian awal dari rajutan. Stitch marker ini dipasang pada tusukan pertama rajutan supaya kita tidak melewatinya. Pilih stitch marker yang kamu sukai karena banyak sekali macamnya, atau kalau belum ada bisa dengan menggunakan potongan benang yang diselipkan di awal rajutan.

4. Tapestry

Menurut pemahaman saya, tapestry itu adalam jarum yang berfungsi untuk menyelipkan sisa benang di akhir rajutan. Semakin besar diameter benang yang digunakan tentunya membutuhkan jarum yang memiliki lubang di pangkal yang lebih besar juga.

5. Meteran

Penting juga untuk mengetahui panjang benda yang kita rajut. Apakah sudah sesuai yang diharapkan atau belum. Perbedaan ukuran benang dan hakpen menyebabkan berbedanya ukuran rajutan meskipun dengan pattern yang sama.

Itulah peralatan wajib yang biasa saya gunakan ketika saya merajut. Sedang peralatan lainnya seperti pom-pom maker, blocking pin, row counter dll bersifat optional atau digunakan jika dibutuhkan saja. Selamat berkarya ((^_^))

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s