Hal-Hal Tidak Terduga Saat Mempunyai Bayi

Memiliki seorang bayi adalah dambaan setiap wanita yang sudah menikah. Ada kebanggaan tersendiri jika sudah bisa merawat bayi tanpa bantuan orang lain. Namun, pernahkah bunda mengalami hal-hal yang tidak terduga selama merawat bayi??

Selama merawat anak-anak kami memilih tinggal sendiri, meskipun waktu itu masih harus menjadi kontraktor (mengontrak rumah). Banyak alasan untuk memilih keputusan itu. Tapi semua harus dibayar dengan kerepotan yang harus kami tangani sendiri ketika memiliki seorang bayi.

Hal-hal yang tidak terduga saya alami selama merawat ketiga putri kami, kebanyakan terjadi ketika suami tidak di rumah alias bekerja. di antaranya :

  1. Menindih badan bayi saat tertidur atau menyusui. Memiliki bayi memang melelahkan, karena kita tidak diberi waktu yang cukup untuk beristirahat. Terkadang ketika saya menyusui dan mengantuk, atau si Kakak yang tertidur dekat si bayi, tanpa disadari bayi tertindih tangan atau anggota badan. Tentu hal ini sangat berbahaya apabila yang tertindih adalah saluran nafas bayi. Oleh karena itu lebih baik menyusui sambil duduk atau bayi ditidurkan di box atau kasur terpisah dari yang lain.
  2. Membawa serta bayi ke kamar mandi ketika BAK/BAB. Pernah suatu kali ketika suami tidak di rumah sedang saya merasa ingin buang air tapi si kecil tidak bisa ditinggal, saya terpaksa membawanya ke kamar mandi. Meski banyak resiko juga ketika membawa si kecil ikut ke kamar mandi, tapi saya merasa was-was kalau harus meninggalkannya bermain sendiri.
  3. Meninggalkan bayi bersama kakaknya yang masih balita. Suatu ketika, saat saya sedang mengajari anak pertama mengaji, anak kedua saya duduk di sebelah adiknya yang masih bayi sambil membawa kerupuk. Tanpa sepengetahuan saya si Kakak menyuapi adik kecilnya itu dengan kerupuk yang dibawanya. Pernah juga suatu hari si Kakak mengolesi adiknya dengan minyak angin yang panas. Rasanya bingung juga bunda bagaimana menyikapinya. Sedang si Kakak masih belum faham bahaya apa yang telah dilakukannya. Ini peringatan untuk saya agar lebih berhati-hati ketika mau meninggalkan bayi saya.
Leave a Reply

