Trend Selfi Foto Kaki

14606524_10207357609879411_6933440723388112164_n

Swafoto atau foto narsisis (bahasa Inggris: selfie) adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digitalatau telepon kamera. Foto narsisis sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial. Di industri hiburan Korea, istilah yang digunakan adalah selca (singkatan untuk self camera). Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera. Foto narsisis yang melibatkan beberapa orang disebut dengan “foto narsisis kelompok”.

Pada tahun 2013, kata selfie secara resmi tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring, dan bulan November 2013, Oxford Dictionary menobatkan kata ini sebagai Word of the Year tahun 2013, menyatakan bahwa kata ini berasal dari Australia.

Kini terdapat cara baru untuk selfie, bukan menunjukkan wajah, melainkan foto kaki. Tentu saja yang berpengaruh besar dalam penyebaran trend ini adalah para selebriti. Menangkap keindahan pemandangan tropikal seperti di pantai atau kebun dengan foto kaki sebagai foreground menjadi cara baru untuk menunjukkan eksistensi di social media. Namun meski hanya foto kaki, tetap harus terlihat stylish. Misalnya dengan trend cat kuku masa kini, sepatu maupun hiasan kaki yang terlihat menonjol. Untuk para “hijaber” biasanya dilengkapi dengan gaya kaos kaki yang sedang kekinian.

Foto di atas saya ambil sebagai bentuk pemikiran atas trend masa kini ini. sepintas terlihat biasa dengan memajang foto kaki. Sama halnya dengan foto wajah maupun foto bagian tubuh lainnya. Dengan memotret kaki, anda menempatkan eksistensi anda disana. Tanpa perlu menampilkan gambar wajah, maka “Inilah Saya”. Pengakuan dengan menunjukkan jati diri melalui kaki. Menggiring opini untuk melihat “saya” dan mengerti pribadi “saya” tanpa melalui wajah. Tinggal pandangan orang, apakah melihat “Kaki Saya” baik atau buruk; sekadar bercerita atau hanya pamer.

Jelas ini hanyalah pendapat saya. Semoga kita semakin bijak untuk menyikapi perkembangan jaman saat ini.

 

Sumber :

  1. Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  2. Website Lifrstyle Wolipop
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s